Cara Memperkuat Sinyal Modem Agar Internet Makin Cepat


Situs-Modem.Com - Penggunaan jaringan GSM maupun CDMA masih menjadi pilihan masyarakat untuk menikmati layanan internet yang menawarkan beberapa paket internet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun yang sering dihadapi oleh pengguna layanan internet berbasis GSM maupun CDMA adalah lemahnya penerimaan sinyal khususnya di daerah-daerah pelosok yang dapat menyebabkan internet menjadi lambat.

Baca juga Cara Cek Kebutuhan Kuota Internet Per Bulan

Di daerah-daerah pelosok biasanya hanya mendapatkan sinyal EDGE bahkan GPRS atau jika menggunakan CDMA hanya mendapatkan sinyal 1X. Sinyal tersebut memang sudah bisa untuk berinternetan tapi kecepatan internetnya sangatlah lambat sekali. Apalagi jika perangkat modem atau handphone hanya mendapatkan 1 atau 2 bar, maka internet bakal semakin lambat.

Apabila Anda tinggal didaerah pelosok yang hanya mendukung jaringan EDGE, GPRS ataupun jaringan CDMA 1 X. atau bahkan di daerah Anda sudah didukung jaringan 3G ataupun CDMA Evdo Rev A namun daerah Anda terlalu jauh jaraknya dengan BTS Operator. Maka Anda perlu mencari cara memperkuat sinyal modem. Agar nantinya internet Anda tambah kenceng.

Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal Modem ?




Di daerah saya sudah ada jaringan 3G dari operator Telkomsel, tapi karena jaraknya yang cukup jauh sekitar 18 km jadinya modem yang saya pakai yaitu modem gsm advan bundling XL tidak mampu menangkap sinyal 3G Telkomsel dengan stabil dan hanya mampu menangkap sinyal EDGE 3 bar saja. Alhasil internetnya sangat lambat sekali. Namun beruntung di daerah saya bisa mendapatkan jaringan EVDO Rev A dari Smartfren. Sehingga saya bisa internetan ria.

Agar mendapatkan sinyal EVDO Rev A tersebut saya harus menggunakan sebuah alat penguat sinyal modem agar dapat menangkap sinyal EVDO Rev A dengan stabil. Saya menggunakan penguat sinyal modem berupa antena modem. Antena tersebut saya beli secara online. Dan hasilnya cukup memuaskan sinyal EVDO rev A jadi stabil sekali. Padahal jarak rumah saya dengan BTS Smartfren kurang lebih sekitar 50 Km. Mungkin karena saya tinggal di daerah pegunungan.

Saat saya menggunakan modem gsm ternyata juga bisa menangkap sinyal 3G Telkomsel namun sayangnya daya tangkapnya tidak stabil dan modem hanya mampu menangkap sinyal terkuat EDGE 4-5 bar. Dugaan saya mungkin ini karena modem yang kurang bagus penerimaan sinyalnya. Padahal jarak rumah ke BTS hanya 18 Km. Sedangkan sinyal Smartfren yang jaraknya sekitar 50 km dapat diterima dengan bagus sinyalnya. Memang apabila menggunakan penguat sinyal modem antena modem sedikit merogoh kocek namun saya rasa akan sebanding dengan hasilnya nanti. Modem dapat menangkap sinyal dengan stabil dan internet pun jadi makin wusss.

Apakah Penguat Sinyal Modem Benar Bisa Menstabilkan Sinyal ?




Memang tidak ada jaminan setelah Anda menggunakan cara-cara memperkuat sinyal modem baik itu dengan cara membuat sendiri atau langsung membeli antena penguat sinyal modem yang sudah jadi. Untuk anda yang tinggal di daerah pelosok seperti saya. Saya saranin untuk membeli antena penguat sinyal modem. Namun sebelum anda memutuskan untuk membeli antena modem yang perlu Anda perhatikan adalah.

Pastikan Anda tahu daerah Anda sudah mendukung jaringan 3G atau belum. Jika sudah ada berapa jarak antara rumah Anda dengan BTSnya. Untuk saat ini antena modem hanya mampu menjangkau sekitar jarak 25 Km untuk GSM sedangkan CDMA bisa mencapai 30 Km. Jadi jika anda tahu berapa jarak bts ke rumah Anda, maka Anda bisa menentukan spesifikasi antena penguat sinyal seperti apa yang Anda butuhkan.

Anda harus mempunyai modem usb yang berkualitas yang dapat menangkap sinyal dengan baik.

Demikian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat.

Show Comments

Popular Post