Penyebab Smartfren Sering RTO dan Solusinya


Situs-Modem.Com - Jika Anda menggunakan modem Smartfren pasti sering mengalami masalah jika modem tidak bisa buat browsing apalagi download maupun upload padahal sudah terkoneksi dan modem menunjukkan sinyal yang stabil. Masalah ini sering sekali saya hadapi manakala sedang asik-asiknya internetan. Ternyata hal seperti ini dinamakan dengan RTO atau Request Time Out. Jadi RTO itu menyebabkan koneksi internet tidak bisa berjalan dengan baik, meskipun modem Smartfren sudah terkoneksi.



Ada beberapa penyebab kenapa modem Smartfren sering rto dan penyebab ini juga bisa terjadi tak hanya pada modem smartfren saja, tapi bisa terjadi pada modem gsm lainya. Jika pada modem smartfren sedang terjadi RTO ditandai dengan simbol Zz seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Apa Penyebab Modem Sering RTO dan Solusinya :


1. Jangkauan Sinyal


Penyebab pertama Smartfren RTO adalah masalah jangkauan sinyal Smartfren. Seperti kita ketahui jaringan Smartfren belum menjangkauan seluruh wilayah di Indonesia. Apabila daerah Anda sudah tercover jaringan smartfren, coba anda cari tahu berapa kira-kira jarak dari rumah Anda ke BTS Smartfren. Semakin jauh dari BTS maka semakin lemah pula cakupan sinyalnya. Tentu hal ini dapat menyebabkan masalah RTO karena sinyal yang diterima oleh modem tidak stabil. Karena hal tersebut beberapa modem Smartfren cepat panas. Solusinya adalah Anda bisa menggunakan antena penguat sinyal modem yang bisa dibuat sendiri atau jika tidak mau repot Anda bisa membelinya di daerah Anda atau membeli secara online. Baca cara memperkuat sinyal modem agar internet makin cepat

2. Padatnya Jaringan Provider


Padatnya penggunaan akses jaringan di suatu wilayah juga menyebabkan modem jadi RTO. Biasanya terjadi dijam-jam padat dimana banyak yang menggunakan internet mulai sore hingga malam hari. Masalah lain, mungkin karena Provider Smartfren sedang bermasalah. Seperti kita ketahui Smartfren pernah mengalami masalah dimana kabel fiber optic sumatera selatan mengalami putus yang menyebabkan hampir seluruh pengguna smartfren tidak bisa koneksi ke Internet. Solusinya saat padatnya jaringan Smartfren Anda bisa berinternet di malam hari. Apalagi saat ini Smartfren menawarkan paket internet Smartfren Evo yang ada bonus internet malam 12GB. Cara lainnya yang sering saya gunakan adalah dengan menggubah DNS Smartfren dengan DNS alternatif.

3. Modem yang kurang bagus tangkapan sinyalnya


Poin nomor 3 ini berkaitan dengan jangkauan sinyal dimana ada beberapa jenis modem Smartfren tidak bagus dalam tangkapan sinyalnya terutama di wilayah-wilayah yang jauh dari BTS Smartfren seperti Modem DF78AH. Modem tersebut tidak bagus dalam penangkapan sinyalnya terutama di daerah yang jauh dari jangkauan sinyal Smartfren. Solusinya adalah Anda harus pandai-pandai mencari referensi modem yang bagus di internet sebelum Anda membeli. Apabila sudah terlanjur membeli silahkan Anda menuju poin nomor 1 .

4. Tidak adanya Aktivitas browsing


Poin terakhir ini Anda pasti sering saat disela-sela aktivitas internet Anda meninggalkan sejenak dalam keadaan modem masih terkoneksi. Akibatnya adalah modem menjadi RTO. Hal ini sering saya hadapi saat menggunakan modem Smartfren CE682. Solusi yang sering saya gunakan adalah membuka situs streaming radio. Karena dengan streaming radio koneksi tetap bisa berjalan walaupun ditinggalkan sejenak. Dan cara tersebut sangat ampuh dalam mengatasi masalah RTO modem Smartfren.

Demikian artikel mengenai penyebab Smartfren sering RTO dan Solusinya. Semoga dapat memberikan penjelasan dan solusi masalah modem Smartfren Anda.

Show Comments

Popular Post