Bolt Pelopor Internet Cepat di Indonesia Berbasis 4G LTE

Situs-Modem.Com – Berdasarkan situs Wikipedia Bolt merupakan pelopor internet cepat di Indonesia berbasis 4G LTE. Digawangi oleh Internux sebagai perusahaan telekomunikasi meluncurkan layanan 4G Long Term Evolution atau LTE pertama di Indonesia pada 14 November 2013. Dengan produk bernama Bolt menawarkan akses internet cepat hingga 72 Mbps.

Sebenarnya apa itu 4G LTE ?



4G sebenarnya singkatan dari fourth-generation technology yang merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk perlengkapan elektronik, contohnya telpon pintar dan laptop menggunakan modem Kecepatan teknologi berbasis 4G mampu mencapai 100Mb/detik dan 1G/detik baik di dalam maupun luar ruangan dengan kualitas premium.



Pelopor jaringan 4G didunia sebagai standar layanan 4G adalah Standar WiMax (Korea Selatan 2006), dan Standar Long Term Evolution (LTE) 2006. Sedangkan di Indonesia pertama kali diluncurkan oleh PT. FirstMedia dengan merek dagang Sitra WiMAX sejak 2010.

Kemudian teknologi LTE pertama kali diluncurkan ole PT. Internux denga merek dagang Bolt Super 4G LTE. Sebagai pelopor internet cepat di Indonesia berbasis 4G LTE, Botl baru mencakup area Jabodetabek. Tahap alam ini baru mempunyai 1.500 menara BTS. Pada tahun 2015 di targetkan memiliki 3.500 menara BTS untuk meningkatkan kualitas layanan.

Sejumlah Operator Lain Ikut Membangun Internet Cepat 4G LTE



Suksesnya Bolt menyediakan akses internet berkecepatan tinggi di jaringan 4G, membuat sejumlah operator lain yang telah menguasai pasar telekomunikasi seperti Telkomsel, Indosat, dan XL membuat gebrakan baru dengan meluncurkan internet cepat berbasis 4G. Namun sifatnya masih trial, belum diluncurkan secara komersil ke public.

Telkomsel melakukan trial saat Indonesia menjadi tuan rumah APEC pada tanggal 1-8 oktober 2013 di Bali. Telkomsel melakukan percobaan jaringan 4G LTE menggunakan frekuensi 1800 MHz.

XL juga telah meluncurkan layanan 4G yang diberi nama 4G LTE saat ulang tahun XL ke 18 pada tanggal 28 Oktober 2014. Trial 4G dilakukan di Wilayah Jakarta yaitu di Xplor Center Mall Kota Casablanca, Mall Central Park, dan Mall Senayan City, Grha XL, Euphoria Lounge Menara Prima.

Baca juga Sierra 312U, Modem HSPA Kecepatan Hingga 42 Mbps

Show Comments

Popular Post